Standar Gaji Berbagai Posisi di Bidang IT

Standar Gaji Berbagai Posisi di Bidang IT

Jurusan IT bisa dibilang adalah jurusan yang cukup diminati dan menjanjikan, terlebih karena perusahaan-perusahaan dari berbagai ranah industri pasti membutuhkan tenaga kerja spesialis IT. Lulusan IT di Indonesia diperkirakan berjumlah 25 ribu setiap tahunnya, baik dari universitas negeri maupun swasta. Angka tersebut bahkan masih di bawah jumlah permintaan perusahaan akan tenaga IT yang besarnya mencapai 500 ribu setiap tahunnya. Tingginya permintaan membuat gaji berbagai profesi lulusan jurusan IT relatif kompetitif. Berikut standar gaji yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang berkubang di bidang IT. Nominal gaji dapat berbeda untuk setiap daerah.

1. Programmer
Tugas utama seorang programmer adalah mengaktualisasikan konsep yang datang dari system analyst agar dapat dijalankan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Anda yang lebih mendalami programming bisa berprofesi sebagai web programmer, desktop programmer, application programmer, atau game programmer. Dari puluhan perusahaan di database Qerja.com, kami menemukan bahwa gaji rata-rata programmer ada di kisaran Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000. Beberapa perusahaan bahkan menawarkan gaji di atas Rp10.000.000, seperti Astra Otoparts, Buana Karya Bhakti, dan Henan Putihrai.

2. Software Engineer

Tugas dari seorang software engineer mirip dengan pekerjaan seorang programmer dan system analyst, maka dari itu software engineer diwajibkan paham mengenai keduanya. Yang membedakan software engineer dengan kedua profesi tersebut adalah seorang software engineer harus mendalami ilmu mengenai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal untuk mengembangkan software, mulai dari requirement hingga maintenance. Biasanya profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang IT, khususnya bidang pengembangan software. Seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Perusahaan startup seperti bukalapak.com dan Traveloka berani menggaji tinggi software engineer mereka, yaitu Rp11.000.000 hingga Rp12.000.000. Tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan gaji software engineer perusahaan oil & gas seperti Schlumberger, yaitu sebesar Rp19.500.000.

3. IT Consultant

IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. IT consultant juga bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dari sistem IT organisasi client. Gaji rata-rata yang bisa diperoleh IT consultant berada di range Rp6.000.000 hingga Rp11.000.000, termasuk yang tertinggi dari pelbagai profesi jurusan IT dari data kami. Oracle menggaji seorang IT Consultant cukup kompetitif, dengan gaji sebesar Rp9.200.000. Perusahaan teknologi yang memproduksi gadget elektronik seperti Hewlett-Packard berani membayar seorang konsultan IT sebesar Rp12.000.000. Tidak mau kalah, salah satu perusahaan teknologi terbesar, yaitu IBM membayar mahal seorang IT Consultant, yaitu Rp14.000.000.

4. System Analyst

Pekerjaan utama system analyst adalah merancang solusi IT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi client dengan melakukan pendekatan logis terhadap masalah teknis. System analyst biasanya datang dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang software, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun untuk bisa menjadi system analyst. Dengan standar gaji rata-rata sebesar Rp6.500.000 hingga Rp12.000.000, posisi sebagai system analyst cukup menggiurkan. Berdasarkan data kami, system analyst yang bekerja untuk British Petroleum Indonesia dapat menikmati gaji sebesar Rp22.500.000, Dwidasa Samsara Indonesia sebesar Rp19.500.000, dan Xsis Mitra Utama sejumlah Rp16.500.000.

5. Database engineer

Database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid. Lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai system analyst dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp4.000.000 hingga Rp5.500.000. Data gaji yang tertinggi untuk Database Engineer adalah di ACE Hardware dengan kompensasi moneter sebesar Rp22.500.000. Data lainnya adalah PT Pelabuhan Indonesia II yang menawarkan Rp14.000.000 dan PPLI sebesar Rp12.000.000.

6. Software Developer
Software developer adalah otak di balik proses desain, instalasi, dan maintenance sistem software. Bekerja sama dengan IT analyst, mereka yang berprofesi sebagai software developer menciptakan peranti lunak yang nantinya akan digunakan untuk mengoperasikan sistem. Bagi lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai software developer, gaji rata-rata yang bisa diperoleh berada di kisaran Rp4.500.000 hingga Rp8.500.000. Lebih spesifik lagi, software developer bagi Picotera Media dapat memperoleh gaji sejumlah Rp14.000.000, sementara Agropangan Putra Mandiri dan Veritrans menawarkan Rp12.000.000.

Sumber: Qerja.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s