Pangeran Yordania Menjadi Muslim Pertama Yang Menjabat Ketua HAM PBB

Pangeran Yordania Menjadi Muslim Pertama Yang Menjabat Ketua HAM PBB.

Pencalonan Pangeran Yordania, Zeid al-Hussein sebagai ketua hak asasi manusia (HAM) untuk periode berikutnya, akhirnya mendapat persetujuan dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa pada Senin (16/6). Hal ini menjadikanya sebagai Muslim dan bangsa Arab pertama yang memegang jabatan tersebut.

Zeid yang memegang gelar PhD dari Universitas Cambridge, dinominasikan oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk mandat empat tahun pekan lalu.

Disamping dikenal dan dihormati secara luas dihormati, Zeid juga diakui dalam upaya meningkatkan perdamaian dan keadilan internasional serta banyak memainkan peran penting dalam pembentukan Mahkamah Pidana Internasional.

Kurang lebih selama dua tahun, Zeid memimpin perundingan yang kompleks mengenai unsur-unsur pelanggaran individu untuk kejahatan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan perang kejahatan.

“sangat terhormat oleh kepercayaan yang diberikan. Ini mencerminkan keinginan masyarakat internasional untuk memajukan hal ini,” ujar Zeid kepada Majelis Umum.

Saat ini, Zeid merupakan orang Yordania di Dewan Keamanan PBB, di mana Amman memiliki jangka waktu dua tahun. Ia juga duta negaranya di Amerika Serikat dan Meksiko.(mukhitkd)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s