Internet Research, System Google Hidden

Google sudah digunakan miliaran orang untuk melakukan pencarian di internet setiap harinya. Tapi tahukah Anda ada beberapa fungsi pencarian dari Google yang memudahkan Anda berkelana di rimba internet?

1. Calculator

1

Google bisa berfungsi sebagai kalkulator scientific bukan sekadar kalkulator standar yang mengerti penjumlahan seperti 5+6 atau perkalian 6*2 saja. Ia bisa melakukan perhitungan logaritma dan mengerti konstantata seperti e dan pi serta fungsi Cos dan Sin. Google juga bisa menerjemahkan bilangan menjadi kode biner – Anda bisa mencobanya dengan menggetikkan “12*3 in binary”.

2. Pencarian dalam situs

2

Dengan menggunakan keyword “site:” Anda bisa membuat Google melakukan pencarian dari satu situs saja. Anda bisa mencoba menggetikkan “Game Online site:kautsarku.tk” dan akan keluar hasil pencarian mengenai Game Online dari situs kautsarku.tk.

3. Konversi

3

Anda bisa melakukan konversi dari mata uang dengan menggunakan sintaks: <nilai> <mata uang1> in <mata uang2>. Sebagai contoh coba ketikkan “100 USD in IDR”, “20 C in F” atau 15 inches in cm” dan langsung mendapatkan hasilnya dari Google.

4. Zona waktu

4

Anda bisa mencari zona waktu kota tertentu dan waktu di kota tersebut lewat Google dengan rumus pencarian “time in <nama tempat>”, contohnya “time in Medan”.

5. Fitur penerjemah

5

Cara cepat menerjemahkan bahasa asing adalah dengan mengetikkan “translate <kata> ke <bahasa>. Sebagai contoh ketikkan “translate bekerja to english” akan keluar hasil pencarian work.

6. Melakukan pencarian file dengan tipe tertentu

6

Jika Anda mengetahui tipe file yang tengah dicari Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetikkan “<kata kunci> filetype:pdf” atau <kata kunci> filetype:doc”.

7. Mengecek status penerbangan

7

Jika Anda mengetikkan nomor penerbangan, hasil pencarian teratas adalah penerbangan serta statusnya. Contohnya Anda bisa menggetikkan GA 130 akan keluar hasil pencarian penerbangan Garuda Indonesia yang bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Jambi beserta waktu keberangkatan dan kedatangan.

8. Ramalan cuaca

8

Anda bisa mencari hasil prakiraan cuaca dengan menggetikkan nama kota diikuti dengan kata “forecast”. Hasil pencarian dari Google akan termasuk kondisi cuaca, kelembaban, kecepatan angin serta ramalan cuaca hingga enam hari ke depan.

Sumber : InternetResearch

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s