Bahaya Kalau Ekonomi Tak Diselesaikan, Rakyat Bisa Bergejolak

 

Martin Hutabarat

RMOL. Pemilihan presiden 2014 sangat kecil berimbas menjadi konflik antar pendukung. Justru yang sangat berbahaya dan harus diredam adalah masalah ekonomi yang dapat membuat rakyat bergejolak.

Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat pada dialog empat pilar bertema ‘Mewaspadai Potensi Instabilitas di Tahun 2014 (Jelang Pemilu)”, di gedung DPR, Senin (26/8). Selain Martin, pembicara lainnya adalah anggota DPR dari Fraksi PPP Irgan Mahfiz dan pengamat sosial politik Hamdi Muluk.

Menurut Martin, secara teori konflik memang bisa saja terjadi pada Pilpres 2014. Hal itu bisa dipicu dari capres yang bertarung sama-sama memiliki elektabilitas yang tinggi dan sama-sama kuat. “Bisa memicu perseteruan  yang  tajam. Tapi saya tidak yakin kalau berimbas kepada para pendukung capres,” kata politisi Gerindra tersebut.

Bahkan dia merasa yakin tidak ada perbedaan ideologi dari masing-masing capres dan cawapres yang akan bertarung. Sekalipun ideologi dibungkus dalam kemasan kuning, hijau, biru, dan merah tetapi memiliki kepentingan yang sama.
“Tidak ada konflik ideologi. Sebab ideologi politik di Indonesia sangat pragmatis,” ujarnya lagi.

Konflik di tengah masyarakat pun kata Martin bisa terjadi jika KPK bertindak diskriminatif dalam penindakan terhadap elit parpol yang terlibat korupsi. Namun, sejauh ini komisi itu justru melakukan penggiliran penindakan terhadap elit parpol yang melakukan korupsi.

Nah, justru yang harus diwaspadai dan bisa memicu gejolak di masyarakat adalah persoalan ekonomi. Persoalan ekonomi seperti yang terjadi seperti sekarang ini jika tidak segera ditangani oleh pemerintah maka akan berdampak langsung kepada kehidupan sosial masyarakat.
“Yang terjadi justru bukan antara elit dengan elit, tapi elit dengan rakyat. Ini yang harus diredam,” demikian Martin. [rus]

Laporan: Hendry Ginting

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s