Buruh minta Tri-Tura direalisasikan

Komite Aksi Jaminan Sosial(KAJS) dan Komite Serikat Pekerja Indonesia (KSPI),  bergabung menyatu dalam aksi damai di Bunderan Hotel Indonesia. Para demonstran yang terdiri dari kaum buruh, petani dan aktivis ini, mendesak pemerintah untuk segera menetapkan dan menjalankan fungsi tuntutan mereka dengan nama TRITURA.Tri-tura

 

 

 

 

“Turunkan harga sembako, karena sampai hari ini inflasi tembus diatas 8%(BI) meleset asumsi pemerintah 7,2%(2014) bahkan inflasi mendekati dua digit. Akibatnya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memancing kenaikan harga lainnya menjelang lebaran dan natal,” ujar presiden KSPI dan juga Sekjend KAJS, kepada pesatnews, Kamis (31/7/2013).

Said mencatat, menjelang lebaran harga kebutuhan pokok dipasaran sudah semakin menggila. Efeknya daya beli masyarakat terhadap kebutuhan, pokok makin tidak terjangkau. Oleh karena itu, dia (melalui aksi damai)  menuntut pemerintah untuk segera menurunkan harga. Pasalnya jika tidak dilakukan, berarti pemerintah telah gagal.”Kita menuntuk juga naikan upah minimum 50 persen. Karena akibat kenaikan BBM maka daya beli buruh turun 30% terhadap kenaikan tahun lalu, ditambah pertumbuhan ekonomi 6,2%. Oleh karena nya KAJS menolak pernyataan Menteri Perindustrian (Menperin) bahwa Upah Minimum Pendapatan (UMP) naik, kurang dari 20 persen,” ujarnya Lebih jauh Said juga mendesak agar pemerintah segera menghapus outsourcing(OS).

Menurutnya, upah rendah dan OS adalah bentuk eksploitasi pemilik modal dan negara kapada rakyat (buruh). Yang terakhir dari keinginan aksi Trituranya, Said meminta kepada pemerintah untuk segera menjalankan jaminan kesehatan per 1 Januari 2014 secara menyeluruh dan bukan bertahap.

“Karena penjelasan Menteri Kesehatan (Menkes) pada 2014 hanya 76% rakyat punya Jaminan Kesehatan (JAMKES) dengan anggaran PBI Rp 20,2 triliun(tuk 86,4 juta orang). Terus 24 persen lagi rakyat, apakah harus menjemput ajal dengan terhina hanya karena tidak punya JAMKES ?,” tegas Said. [ ]

Sumber : @PesatNews

TRITURA 31 Jan 13

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s