Ini Jadwal Aksi Demontrasi Buruh Sampai Dengan Mei 2013

Ini Jadwal Aksi Demontrasi Buruh Sampai Dengan Mei 2013

Posted by Riza Khairi Pilihan, Suara Buruh, Terkini Tuesday, February 12th, 2013 – 10:14 pm

Foto: demo buruh (merdeka)

SPC, Jakarta –  Buruh kembali merencanakan aksi turun jalan. Kali ini, Majelis Presidium Buruh Indonesia (MPBI) bersama Kontras, Imparsial, YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan Serikat Petani Indonesia akan melakukan unjuk rasa di Jakarta.

Said Iqbal, Presidium MPBI dalam siaran persnya menyatakan, aksi unjuk rasa dilakukan dalam gabungan Koalisi Perjuangan Hak Sipil dan Buruh. Aksi tersebut bertujuan untuk memperjuangkan hak para buruh dan warga sipil.

Rencananya, aksi unjuk rasa tersebut dilakukan tiga kali sampai dengan Mei 2013. Said mengungkapkan, aksi pertama dilakukan 19 Februari 2013 di Gedung DPR dengan jumlah massa sekitar 2.000 orang.

Aksi unjuk rasa kedua dilakukan pada 28 Februari, bertempat di depan Istana Negara dan Gedung DPR dengan jumlah massa 10.000 orang. Sedangkan aksi yang ketiga akan dilakukan pada Hari Buruh 1 Mei 2013 dengan jumlah massa sebanyak 500.000 orang.

“Pada May Day akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia dan sedang dipertimbangkan mogok nasional,” ujar Said, seperti dikutip, Selasa (12/2)/2013).

Adapun dalam aksi massa yang direncanakan kali ini, buruh menuntut 3 hal, yakni:

  1. Tuntutan bebas dari kemiskinan melalui pelaksanaan jaminan kesehatan seluruh rakyat mulai 1 Januari 2014, jaminan pensiun wajib untuk buruh, hapus outsourcing serta upah layak di 84 item KHL dan menolak penangguhan upah minimum.
  2. Tuntutan bebas berserikat dan berpendapat, dengan menolak kekerasan dan kriminalisasi oleh sekelompok orang yang dibayar terhadap buruh, petani, dan perempuan. Selain itu juga telah terjadi pembiaran kekerasan oleh aparat penegak hukum.
  3. Tuntutan bebas dari rasa takut dengan cara pemerintah harus mengedepankan welfare approach dibandingkan dengan security approach. “Maka dari itu kami menolak RUU Kamnas dan RUU Ormas,” ujar Said. (SPC/25/Kontan)

Sumber : SuaraPengusaha[dot]com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s