” Pancinglah Rezeki dengan Shadaqah. ” Khlaifah Ali Bin Abi Thalib

Pada Suatu hari,kisah Imam Ali, ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw. dan berkata, “Ajarilah aku suatu Amalan yang membuat aku dicintai oleh Allah dan para Makhluk , Allah memperbanyak hartaku , menyehatkan badanku , memanjangkan Umurku , dan membangkitkan aku di Mahsyar bersamamu.”

Rasulullah Saw. Kemudian menjawab , “Enam permintaanmu itu memerlukan enam perkara yang lainnya .

Pertama , bila engkau ingin di cintai Allah , takutlah kepada-Nya dan bertakwalah .
Kedua , bila engkau ingin di cintai para makhluk ,berbuat baiklah kepada mereka ,dan jangan berharap sesuatu dari yang mereka miliki.
Ketiga , bila engkau ingin Rezekimu diperbanyak,zakatilah harta bendamu.
Keempat , bila engkau ingin badanmu disehatkan , perbanyaklah shadaqah.
Kelima , bila engkau ingin umurmu diperpanjang , bersilaturahmilah kepada kaum kerabatmu .
Keenam , bila engkau ingin dikumpulkan bersamaku dipadang Mahsyar , perpanjanglah Sujudmu kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa .”

Menafkahkan harta dijalan Allah (Zakat dan Shadaqah) , kata Rasul Saw., akan bisa membuat anda kaya dan panjang umur . Ada sebuah kisah dalam Al-Qur’an tentang Nabi Musa As. Yang meminta agar Allah menghilangkan Azab dari suatu bangsa . Allah tetapkan . Namun ,rahmat Allah meliputi seluruh Bumi ini . Disamping itu , ada pernyataan Allah yang sangat penting , yaitu “Azab itu tidak akan menimpa orang-orang yang memelihara dirinya , menafkahkan sebagian rezekinya , dan beriman kepada ayat-ayat-Ku.” Jadi Shadaqah bisa menyelamatkan Bangsa .

Khlaifah Ali Bin Abi Thalib menyatakan , ” Pancinglah Rezeki dengan Shadaqah. ” Rasulullah Saw bersabda :

“Bersegeralah bershadaqah , sebab yang namanya malapetaka tidak pernah bisa mendahului shadaqah,”
“Obatilah penyakitmu dengan Shadaqah.”
“Perbanyaklah Shadaqah. Sebab, Shadaqah bisa memanjangkan Umur.”
“Allah Swt. menciptakan Bumi , maka bumipun bergetar.

Lalu Allah menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah diberikan kepadanya , ternyata bumipun terdiam . Para Malaikat terheran heran akan penciptaan gunung tersebut . Kemudian , mereka bertanya , “Ya Rabbi , Adakah sesuatu yang dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari Gunung?’ Allah Menjawab , ‘Ada , yaitu Besi. Para Malaikatpun kembali bertanya , ‘Ya Rabbi , Adakah sesuatu yang dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari besi ?’ Allah Menjawab , ‘Ada , yaitu Api.’ Para Malaikat bertanya kembali , ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu yang dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari Api?’ Allah Menjawab, ‘Ada yaitu Air.’

Masih dengan rasa penasaran yang sama , malaikat kembali bertanya , ‘Ya Rabbi , adakah yang dalam penciptaan – Mu yang lebih kuat dari Air’? Allah Menjawab, ‘Ada yaitu Angin.’

Untuk yang terakhir kalinya , para Malaikat bertanya . ‘Ya Allah adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dari semua itu?’ Allah yang Maha Perkasa Menjawab , ‘Ada, yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan Shadaqah dengan tangan kanannya , sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya .”

Shallu ‘alan nabiy wa aalih
Diambil dari Buku Muhammad Muhyidin seorang Motivasi Religius .

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s