LINUX

Ada beberapa langkah yang perlu kita ketahui :

Sekarang lanjut ke cara install Linux, dalam hal ini Linux Mint yang biasa saya pakai.
Masukkan CD instalasi Linux Mint.

Pastikan komputer memboot pertama kali dari CD/DVD-ROM. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan menu berikut ini :

Pilih Start Linux Mint. Jangan khawatir! Sistem operasi yang sudah terinstall di komputer akan tetap ada, kecuali jika Anda ingin menghilangkannya. Pilihan ini akan membawa Anda masuk pada virtual operating system (Live CD). Jadi Anda bisa mencoba-coba terlebih dahulu semua software yang ada, sebelum memastikan untuk menginstallnya.

Setelah Anda memilih Start Linux Mint, akan muncul progress bar seperti berikut :

Setelah semua berjalan dengan lancar, semua hardware-hardware telah terdeteksi, maka akan muncul layar desktop Linux Mint

Wuih… keren bukan.. kekekeke…. Di desktop terdapat 3 icon, yaitu Computer, Mint’s Home, dan Install. Jika Anda memiliki hardisk yang telah terpartisi, maka akan muncul pula icon yang menunjukkan partisi-partisi hardisk tersebut.

Disini Anda bisa mencoba-coba aplikasi dan tampilan-tampilan yang ada pada Linux Mint. Jika Anda ingin menginstall-nya, double click icon Install. Maka akan muncul wizard installer. Pilih bahasa yang ingin digunakan. Kemudian pilih Forward.

Pilih zona waktu. Kemudian pilih Forward
Pilih jenis keyboard. Kemudian pilih Forward
Sekarang waktunya untuk mempartisi hardisk. Inilah yang mungkin akan sedikit membuat orang awam menjadi bingung. Tapi tidak usah khawatir. Cukup pilih metode Guided – Use Entire Disk untuk mempermudahnya. Jika hardisk kosong, maka seluruh isi hardisk akan digunakan untuk Linux, namun jika ada isinya, maka Partition Wizard itu sendiri yang akan mengaturnya. Anda tinggal tahu beres deh. Kecuali jika memang space hardisk yang tersedia tidak mencukupi. Kemudian klik Forward.
Masukkan nama dan password user yang akan menggunakan sistem operasi ini, kemudian klik Forward
Selanjutnya Installer Wizard akan menampilkan summary dari pilihan-pilihan yang telah dilakukan. Jika sudah yakin, klik Forward.

Selanjutnya komputer akan mulai mempartisi hardisk
Setelah itu Anda tinggal duduk dan menanti Linux Mint terinstall di PC Anda.

Setelah selesai, klik Restart Now

Komputer akan mengeluarkan CD dan meminta menekan Enter. Selesai! Sekarang PC Anda telah terinstall Linux Mint. Plus jika memang sudah ada operating system sebelumnya, akan dimasukkan pula pada boot menu secara otomatis.

Anda akan menemukan layar login seperti ini :

Oia.. lupa, seperti halnya menginstall Windows, saat pertama kali digunakan komputer harus memastikan konfigurasi yang Anda inginkan. Setelah Anda memasukan username dan password dengan benar, maka akan ada tampilan untuk mengkonfigurasi seperti berikut. Kemudian klik Forward

Masukkan password untuk root (super user) dan konfirmasi password untuk memastikan. Lalu klik Forward.
Ada pilihan untuk menyisipkan kata-kata kutipan setiap kali menjalankan Terminal / Console. Jika Anda menginginkannya silahkan pilih saja, kemudian pilih Forward
Lalu akan muncul layar konfirmasi dari pilihan-pilihan yang telah Anda buat. Pilih Apply.
Dan akhirnya Anda telah mengkonfigurasi semua dengan sempurna. Pilih Close.

Hayu… hayu… kita beralih ke Linux yuk…!! kekekeke….

sumber : http://www.howtoforge.com/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s